Cara Menghentikan Kebiasaan Ngupil

ngupil
Terkadang kita menemui orang yang memiliki kebiasaan mengupil, bahkan bisa jadi ini terjadi pada diri kita sendiri, hal ini menjadi masalah ketika kebiasaan ini dilakukan ditempat umum.

Untuk mengatasi hal ini ada beberapa tips dari kami yang semoga berguna untuk mengurangi kebiasaan mengupil sembarangan. Berikut ini beberapa tips dari kami yang dikutip dari wikihow

Terima kenyataan bahwa anda memiliki masalah

Akui saja, terutama jika kebiasaan ini anda lakukan secara teratur. Yang namanya kebiasan biasanya akan berhenti disadari setelah beberapa saat diterima sebagai sesuatu yang biasa. Bisa saja kebiasaan mengupil diawali dari rumah, tapi kemudian tanpa disadari ketika diluar rumah anda juga melakukan kebiasan ini, kenyataannya orang disekitar anda akan merasa terganggun dengan kebiasaan ini, terutama jika teman akrab anda melihat kebiasaan ini terus menerus.

Temukan alasan anda mengupil

Jika ini merupakan kebiasan, anda mungkin akan merasa nyaman melakukannya bahkan tanpa disadari, dengan kata lain mengupil sudah menjadi refleks tangan. Selain itu mungkin ada alasan lain anda mulai mengupil.

Contohnya mungkin hidung anda memiliki kondisi medis yang menyebabkan rongga hidung anda terasa gatal, atau mungkin terisi kotoran setiap saat, sehingga anda harus membersihkannya agar tidak mengganggu. Jika hal ini terus berlanjut mungkin anda harus mengunjungi dokter agar mengetahui masalah yang anda hadapi.

Bersihkan hidung anda setiap pagi atau sore

Sebaiknya anda coba menggunakan pembersih hidung yang mengandung elektrolit untuk mencuci hidung, gunakan pembersih ini untuk membersihkan rongga hidung tempat lendir berasal. Dengan menyingkirkan sumbernya makan akan mencegah pembentukan upil.

Ubah perilaku

Selama 21 hari coba hilangkan kebiasaan untuk mengupil di waktu dan tempat yang tidak tepat, kenapa 21 hari ? karena menurut penelitian, perlu 21 hari untuk mengubah kebiasaan, dan perlu 21 hari juga untuk membentu kebiasaan baru.

Ubah proses berpikir


Beri sugesti positif pada pikiran anda setiap pagi, siang dan malam, dengan cara meyakinkan diri anda akan berhenti, katakan juga kepada diri anda sendiri bahwa anda memiliki hidung yang bersih, dengan mengubah kebiasaan berpikir seharusnya juga berpengaruh pada kebiasaan ngupil.

Comments